12 Januari 2009: Liat Blog Baruku!

Januari 14, 2009 at 11:14 am 1 komentar

Selamat untuk diriku sendiri!

Hari ini 12 Januari 2009, aku menetapkan sebagai tanggal terbentuknya blog baruku. Akhirnya setelah melalui proses yang lumayan lama, kurang lebih sebulan sejak bulan Desember 2008, Blog baruku dengan nama http://ihatemycountry.com selesai juga.

Sebagai metamorfosa dari blog terdahuluku dengan nama yang sama, cuma harus diembel-embelin nama penyedia blog gratisan, https://ihatemycountry.wordpress.com.

Perubahan ini dilakukan hanya semata-mata agar aku dapat lebih independen atau lebih bebas dalam berekspresi. Khususnya yang pertama dalam hal tulisan yang idealis. Semakin lama kemungkinan tulisan yang akan aku buat akan semakin idealis dan kritis terhadap negara ini. Biasanya penyedia-penyedia blog gratisan tidak akan mentolerir terhadap hal seperti itu.

Yang kedua dalam hal berbagi. Berbagi dalam hal apa saja. Berbagi pendapat, berbagi ilmu, berbagi software, dan berbagi mp3 dengan gratis. Sebenarnya tujuannya baik. Tapi ada aturan-aturan di dunia yang mengatur segala bentuk larangan pembajakan. Karena kebanyakan opini, pendapat, ilmu, aplikasi, software, apalagi MP3  selalu dilindungi atas nama HAK CIPTA. Tapi aku gak mau terlalu dikekang oleh aturan-aturan yang dibuat, apalagi dalam hal berbagi MP3.  Apalagi blog wordpress aku pernah 3 kali di suspend gara-gara aku menampilkan konten download mp3. Aku ingin menjadi blogger yang bebas, tapi aku tetap menjaga etika-etika blogging.

Ada 3 orang yang turut berjasa dalam terbentuknya blog ihatemycountry.com, mereka adalah:

1. Bang Zal.

Pemilik blog zaluku.com yang keren itu. The Kind-but Romantic n Melancolist-Big Man. Halah, susah bilangnya. Dari beliaulah aku mendapat domain dan hosting. Awalnya sih dari saat aku curhat ke Bang Zal, saat blog wordpress aku di suspend untuk kali yang kedua.

Aku bilang ke Bang Zal, “Bang Zal, tolong bantu aku cariin hosting yang gak banyak aturan lah. Ada gak kira-kira yah? Soalnya udah 2 kali blog wordpress aku di suspend. Capek juga kalo di suspend terus“.

Oke“, kata Bang Zal, “tapi udah ada nama domainnya belum?”.

Yaa, sekalian lah itu bang” aku bilang.

“Untuk domain lebih baik terpisah dari hostingannya.” Maksud Bang Zal, nama domainnya dibeli dari Web A, sedangkan hostingannya dibeli dari Web B. Supaya bila terjadi suatu masalah di hostingan, nama domain tetap aman karena menggunakan Transfer DNS. Jadi kita bisa mencari hostingan yang lain. Nah untuk nama domain, Bang Zal merekomendasikan namecheap.com. Dan untuk hostingan yang aku minta gak terlalu punya banyak aturan, Bang Zal merekomendasikan warez-host.com.

Jadi, aku belilah nama domain ihatemycountry.com dan paket hosting 3 bulan (sementara) total seharga Rp. 200.000. Deal!

2. Nich atau Nicholas

Si empunya blog http://nichpakaich.net/ dan salah satu petinggi Blogger Sumut. Si Doi ini yang membantu proses pembentukan pertama kali blog ihatemycountry.com. Karena ternyata di warez-host.com tidak ada fantastico nya. Biasanya dan setau aku hostingan itu menyediakan fantastico, tapi ternyata gak semua. Ya termasuk warez-host ini. Jadi, si doi ini membantu aku dengan ikhlas hati dan sepenuh hati. Mulai dari membuat database di cpanel, menginstal wordpress secara manual, sampai memperbaiki plugin-plugin nya. Thanks berat atas pamrih nya Nich!

3. DaGu

Dia punya blog danigunawan.com dan bersama temannya mengelola tobacamp.com. Sohib aku dari SMA ini juga turut berjasa terhadap terbentuknya blog ihatemycountry.com. Karena sekitar 3 hari setelah dibantu oleh nich, ada masalah dengan cpanel nya. Dan mengharuskan aku aku menghapus data-data dan menginstal ulang wordpress nya. Segan mau minta tolong sama si nich lagi, terakhirnya aku minta tolong sama DaGu. DaGu juga berjasa menyempurnakan tampilan baru blog ihatemycountry.com. DaGu juga membantu memberikan informasi-informasi yang berguna untuk blog aku.

Begitulah cerita di balik layar terbentuknya blog ihatemycountry.com. Semoga memberi warna dalam dunia blog, dan tetap ingin meng-kritisi negeri ini dengan harapan adanya perubahan yang indah.

Bravo!

Salam demi kebenaran!

Entry filed under: Cerita Blogger. Tags: , , , .

Nonton Bareng MU VS Chelsea Michael Heart – We will not go down

1 Komentar Add your own

  • 1. adrie  |  Februari 8, 2009 pukul 12:15 am

    Congratulation, bro!
    It really inspire me…

    Dari dl aq pgn punya blog, tp nggak pernah kesampean,
    Harus banyak belajar lagi nih…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Add to Technorati Favorites

RSS Info terbaru Lowongan Kerja

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Chat me & See me at :

i_hate_mycountry@yahoo.com ihatemycountry@gmail.com Also_my_blog: ihatemycountry.com
Januari 2009
S S R K J S M
« Des    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

RSS Si DaGu

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

My Blog Rank

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Directory of General Blogs Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Statistik Blog

  • 130,513 pukulan
online counter

Peta Pengunjung

Visitors

SEO Stat

Feeds

Members Of: