Pesepakbola Dunia Yang Muslim

September 25, 2008 at 1:10 pm 1 komentar

Awalnya ada artikel di detikbola tentang Pemain Bola Klub Juventus Asal Mali Mohamed “Momo” Sissoko yang seorang Islam di sebuah benua sekular tetapi tetap menjalankan ibadah puasanya meskipun sedang bermain dalam ketatnya pertandingan liga sepakbola Eropa. Siapa sih yang gak kenal Zinedine Yazid Zidane (ex. Juventus dan Real Madrid). Seluruh dunia tau kalo si beliau ini adalah seorang Islam. Walaupun dia juga mengakui kalo dia seorang “non-practicing Muslim” (tidak mempraktekkan ajaran Islam).

Kemudian aku tertarik untuk tau lebih banyak lagi siapa-siapa aja sih pesepakbola eropa yang beragama Islam.  Browsing sana-sini, ternyata hasilnya cukup mengejutkan aku.

Ada beberapa pesepakbola yang awalnya aku kira bukanlah seorang Islam tapi ternyata memang Islam walaupun muallaf, diantaranya:

1. Nicolas Anelka

Kita tahu betapa Nicholas anelka adalah seorang pengambek sejati di Real Madrid, di Arsenal dan di Liverpool. Baru semenjak pindah ke klub Turki Fenerbahce, tidak ada gelagat yang menyebalkan dari seorang Anelka. Ternyata dia memang pindah dari Kristen dan memeluk Islam dua tahun lalu, saat bermain di Fenerbahce. Sejak itu pula dia memiliki nama Islam, Abdul-Salam Bilal.

Menurut Anelka, “Islam adalah sumber kekuatan saya di dalam maupun di luar lapangan. Saya menjalani karier yang berat. Saya kemudian berketetapan hati untuk menemukan kedamaian. Dan akhirnya saya menemukan Islam,” katanya dalam sebuah wawancara di majalah Paris Match.

2. Robin van Persie

Siapa sangka RVP adalah seorang Muallaf. Pemain asal Belanda yang kini menjadi andalan lini depan Arsenal. Dia diketahui beralih memeluk Islam sekitar dua tahun lalu mengikuti kepercayaan isterinya yang keturunan Maroko.

3. Lee Woon-Jae

Dia adalah kiper nomor satu Korea Selatan pada Piala Dunia 2002 dan Piala Asia 2007 lalu. Tak banyak yang tahu kalau dia satu-satunya pemain muslim di dalam skuad Korsel yang kebanyakan beragama Budha dan Kristen. Pemain kelahiran 26 April 1973 ini kini bermain di klub Suwon Samsung, Korea.

4. Franck Ribery

Kalo bintang Perancis satu ini aku udah tau lama kalo dia seorang Muallaf. Dia mulai mendalami Islam saat memperkuat klub Turki Galatasaray beberapa tahun lalu. Ia kemudian masuk Islam setelah menikahi seorang gadis Perancis keturunan Maroko. Sebagai seorang muslim, dia selalu menengadahkan tangan ke langit sebelum berlaga di sebuah pertandingan.

Frank Ribery mengakui bahwa Islam adalah sumber kekuatannnya di dalam dan di luar lapangan. Terutama ketika ia sempat mengalami masa sulit dalam karir dan ia menemukan Islam yang memberi kedamaian.

Sedangkan Pesepakbola yang dari sono nya sudah seorang Islam, tapi aku juga baru tau adalah:

1. Zlatan Ibrahimovic

Bintang Klub Inter Milan di Seri A Italia ini memang lahir dari keluarga muslim. Dia lahir dan besar di Malmo, kota terbesar ke tiga di Swedia, dan tempat komunitas muslim paling besar di negeri itu. Ibra adalah imigran di Swedia dari ayah yang asli Bosnia dan Ibu keturunan Kroasia. Walaupun dari sebuah forum – yang gak aku sebutkan namanya – ada yang bilan si Zlatan ini lebih milih jadi Atheis, tapi belum jelas terbukti kebenarannya. He…he…

2. Eric Abidal & Lilian Thuram

Gak nyangka juga kalo dua bintang Barcelona asal Perancis ini ternyata seorang Islam. Tapi dengan alasan keyakinan adalah masalah pribadi, Abidal dan Thuram enggan menjelaskan secara gamblang apakah mereka berpuasa atau tidak. Buat mereka menjalankan keyakinan, termasuk berpuasa adalah hak pribadi seseorang yang tak perlu diekspose. Tetapi Abidal, yang dibeli Barcelona dari Lyon seharga 15 juta Euro, diketahui sebagai muslim yang taat. Dia terlihat selalu membawa Alquran dalam tasnya setiap kali ia pergi ke tempat latihan atau ke stadion pertandingan.

Kemudian, Pesepakbola-pesepakbola yang emang dari lahirnya sudah Islam cukup banyak juga. Untuk mengetahuinya gak susah-susah amat. Bisa dari negara mana dia berasal. Ada beberapa negara Eropa yang penduduk Islamnya cukup banyak, diantaranya Turki, Jerman, atau Perancis. Atau dapat diketahui dari namanya. Nama Islam kan identik dengan nama ke-arab-araban gitu kan. Berikut daftarnya:

SERIE A
1. Samir Handanovic (kiper/Udinese/Slovenia)
2. Samir Ujkani (kiper/Palermo/Albania)
3. Abdoulay Konko (bek/Genoa/Prancis)
4. Rahman Rezaei (bek/Livorno/Iran)
5. Mahamadou Sissoko (bek/Udinese/Mali)
6. Mourad Meghni (tengah/Lazio/Prancis)
7. Hasan Salihamidzic (tengah/Juventus/Bosnia)
8. Ibrahim Ba (tengah/Milan/Prancis)
9. Ahmed Apimah Barusso (tengah/Roma/Ghana)
10. Zlatan Muslimovic (depan/Atalanta/Bosnia)

EPL
1. Ali Al-Habsi (kiper/Bolton/Oman)
2. Kolo Toure (bek/Arsenal/Pantai Gading)
3. Bacary Sagna (bek/Arsenal/Prancis)
4. Radhi Jaidi (bek/Birmingham/Tunisia)
5. Abdoulaye Meite (bek/Bolton/Pantai Gading)
6. Abdoulaye Faye (bek/Bolton/
7. Mohamed Camara (bek/Derby/Prancis)
8. Ibrahima Sonko (bek/Reading/Prancis)
9. Djimie Traore (bek/Portsmouth/Mali)
10. Hossam Ghaly (tengah/Tottenham/Mesir)
11. Adel Taarabt (tengah/Tottenham/Tunisia)
12. Ousmane Dabo (tengah/Man-City/Prancis)
13. Emre Berezoglu (tengah/Newcastle/Turki)
14. Mehdi Nafti (tengah/Birmingham/Tunisia)
15. Blerim Dzemaili (tengah/Bolton/Swiss)
16. Tugay Kerimoglu (tengah/Blackburn/Turki)
17. Papa Bouba Diop (tengah/Portsmouth/Senegal)
18. Kalifa Cisse (tengah/Reading/Prancis)
19. Sulley Ali Muntari (tengah/Portsmouth/Ghana)
20. Mohammed Sissoko (tengah/Liverpool/Mali)
21. Nabil El Zhar (depan/Liverpool/Maroko)
22. Ahmed “MIDO” Hossam (depan/Middlesbrough/Mesir)
23. Younes Kaboul (depan/Tottenham/Prancis)
24. El Hadji Diouf (depan/Bolton/Senegal)
25. Hameur Boudzza (depan/Fulham/Prancis)
27. Tucay Sanli (depan/Middlesbrough/Turki)
28. Rachid Bouaouzan (depan/Wigan/Prancis)
29. Shefki Kuqi (depan/Fulham/Albania)

28. Samir Nasri (depan/Arsenal/Prancis)

LALIGA
1. Carlos Idriss Kameni (kiper/Espanyol/Kamerun)
2. Khalid Boulahrouz (bek/Sevilla/Belanda)
3. Pascal Cygan (bek/Villarreal/Prancis)
4. Yaya Toure (tengah/Barcelona/P.Gading)
5. Moha El Yaacoubi (tengah/Espanyol/Maroko)
6. Mahamadou Diarra (tengah/Madrid/Mali)
7. Seydou Keita (tengah/Sevilla/Mali)
8. Javad Nekounam (tengah/Osasuna/Iran)
9. Ramahat”Riga”Mustapha (tengah/Levante/Ghana)
10. Nihat Kahveci (depan/Villarreal/Turki)
11. Frederic Kanoute (depan/Sevilla/Mali)
12. Mohammed Tchite (depan/Santander/Kong

PERANCIS
1. Karim Benzema (Depan/Lyon/Perancis)
2. Hatem Ben Arfa

Berbagai sumber:

Gilabola.Com

fnhidayat

bolanova.com

hatemycountry

Entry filed under: Olahraga. Tags: , .

Lowongan Kerja BUMN di PTP Nusantara VII (Persero) Lampung, Sumatera Selatan, dan Bengkulu Laskar Pelangi The Movie

1 Komentar Add your own

  • 1. joni si playboy  |  Oktober 31, 2011 pukul 9:42 am

    Robin Van Persie : Atheis (dibelanda memungkinkan menikah perbedaan keyakinan)
    Ibrahimovic : Atheis (Ayahnya Muslim, Ibunya Kristen, dia Atheis)
    L Thuram : Kristen / Guadalupe (saya pernah baca cita2 nya menjadi seorang Pendeta )
    Carlos Idriss Kameni : seorang Kristen walaupun nama-nya berbau nama Muslim “Idriss”

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Add to Technorati Favorites

RSS Info terbaru Lowongan Kerja

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Chat me & See me at :

i_hate_mycountry@yahoo.com ihatemycountry@gmail.com Also_my_blog: ihatemycountry.com
September 2008
S S R K J S M
« Agu   Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

RSS Si DaGu

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

My Blog Rank

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Directory of General Blogs Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Statistik Blog

  • 130,520 pukulan
online counter

Peta Pengunjung

Visitors

SEO Stat

Feeds

Members Of: