Rekaman Black Box Adam Air

Agustus 4, 2008 at 8:58 am 1 komentar

Ini nih berita yang lagi ramai dimana dan jadi kontroversi itu, di surat kabar, di televisi, di milis, di forum2. Sampe yang mengedarkannya mau dicari. Tapi Maaf Pak Polisi, yang pasti bukan saya orang pertama yang mengedarkan rekaman ini ya Pak. Saya hanya orang yang penasaran sama kasus ini, dan hanya ingin sharing ke teman2 saya semuanya bener gak nih rekamannya. Bukan maksud saya ingin menyebarluaskannya.

Saya tau ini adalah rahasia negara dan ada undang2nya yg menyebutkan bahwa rahasia ini tidak boleh disebarluaskan. Saya tau itu. Tapi sekali lagi, saya jg sudah bosan menunggu hasil2 investigasi dari Tim KNKT yang gak jelas juntrungannya. SETAHU SAYA, hampir tidak pernah sekalipun kecelakaan2 pesawat yang pernah terjadi di Indonesia khususnya kecelakaan kelas berat dipublikasikan penyebabnya. Ya gak usahlah sedetail2nya. Masalahnya intinya aja pun gpp lah.

Kami sebagai masyarakat hanya ingin tau penyebab utamanya. Jadi kami ini sebagai masyarakat tidak hanya jadi penonton aja yang tidak tau apa yang kami tonton. Sungguh kasihan lah dan bodoh lah kami ini. Jangan menyalahkan kami yang menyaring rekaman ini. Tapi koreksi lah kerja tim KNKT, apakah sudah benar atau masih banyak kekurangan. Kalah sudah benar, beritahulan kami kebenaran yang pasti. Kalau memang masih banyak kekurangan, terimalah kritikan kami sebagai masyarakat.

Okeh, teman2, berikut ini file rekaman dari Black Box Adam Air. Silahkan di download.

Rekaman_Adam_Air

Berikut ini Script Pembicaraannya:

(WARNING sound) : PULL…

Voice on DHI 574 cockpit : ini —-

ATC: trigana 161, the surface conditions, wind 290 degrees 07 knots, current visibility about 2 until 3 kilo mike, request descent?

in the background (Adam’s pilot chatting: —- —– headingnya…..ini posisinya dia, di sono…. iya 21 mile) .

TGN 161: say again sir?

ATC: trigana 161, visibility 2 until 3 kilo mike, surface wind 290 degrees 07 knots, runway in use runway 13, confirm ready for approach or make holding waiting for weather improvement?

TGN 161: affirmative, we are make holding

ATC: roger, trigana 161, now fly heading… ee… two six zero expect holding on one five miles mike kilo sierra, radial three one zero mike kilo sierra…

in the background (Adam’s pilot chatting: —- —– —–, ujung pandang…. bos…. ujung pandang jelas?)

Voice on DHI 574 cockpit: aiyyah…. cuaca di mike kilo sierra (means…. Makassar… ampun deh)

TGN 161: —-heading 260, 15 miles holding, trigana 161

Voice on DHI 574 cockpit: loh, ini DMEnya nih yah…

iya makanya juga ngaconya disitu

nah, ini mike kilo sierra

yah…

ATC: adam 574 confirm maintain heading 070 or tracking to DIOLA?

DHI 574: affirm

mach 74 maintaining 070…

Voice on DHI 574 cockpit : Bearing 074

anginnya dah mulai normal lagi

iyah….

ATC: Syahrizal confirm? (ATC asking for pilot’s name)

selamat tahun baru mas….

DHI 574: Gatu

ok dicopy, disampaikan nanti, Insyaallah….

Voice on DHI 574 cockpit: —- koq DMEmu beda sama DME gambarnya ini

iyah…

ngaco dia tuh brarti

dah ngaco dah emang …dah ngaco

udah mulai gambar bambu ini

udah, kita percaya ama ini aja deh…

hehehe… iyalah….

—- cewe-cewe

makanya, terlalu jauh banget

—-

___noise___

salah lagi ini dia….

—-

iya nih

coba.. tolong confirm posisi aja, confirm on radial sekian.. 124 DME gitu

(on the background, FO calling ATC)

ATC: go ahead

—- : —- —-

DHI 574: roger… adam 574 position is 125 miles mike kilo sierra, crossing radial 307 mike kilo sierra

Voice on DHI 574 cockpit: ok….. that’s confirm… that’s confirm

affirm

iya khan.. ngaco

ngaco FIDSnya udah —-, FMSnya…

FMS telah mengacaukan dirinya sendiri… UEDANN opo…

oi terbangnya melanglang buana eh….

TGN 161: trigana 161, maintain visibility now

ATC: standby one

Voice on DHI 574 cockpit: ini aja kep yah

coba ini.. apa.. ee.. gw pake ini aja deh untuk navnya, pake —- audio altitude

yes

yah ini aja

TGN 161: Trigana 161 request visibility now?

ATC: standby one

TGN 161: standby

Voice on DHI 574 cockpit: masuk ke….

fail aja

fail?

yah, vault aja nih

—-

ntar attitude (or) altitude aja nih

ada semua —- cable? (probably AM/Air Mechanic try to repair something on cockpit)

attitude (or) altitude? nggak..

yang laen…

ATC: trigana 161 the visibility 2 until 3 kilo mike and runway change, 290 degrees 08 knots

Voice on DHI 574 cockpit: (Adam’s AM: klo angin dan headingnya saja, masukin ini …)

TGN 161: copied, trigana 161

Voice on DHI 574 cockpit: —- SELCAL dan altitude

masukin ini

heading brapa nih kep? (FO asking)

zero… zero seven nine yah (captain)

iya

masukin ini keatas

TGN 161: trigana 161, request ILS.. visual at runway 13

ATC: trigana 161, ee.. roger make left turn now heading on zero zero one descent two thousand feet, clear ILS approach runway 13

Voice on DHI 574 cockpit: ini kep?

taro NAV lagi….

TGN 161: trigana 161, ….descent to two thousand confirm?

(in the background, warning sound ….—-….)

ATC : affirm

Voice on DHI 574 cockpit: taro NAV lagi, taro NAV lagi….

TGN 161: descent to two thousand, trigana 161

Voice on DHI 574 cockpit: yes?

taro NAV lagi (in the background, WARNING sound …. —- …. WARNING alarm)

taro NAV lagi

NAV!…… ok kep?

JANGAN DIBELOKIN Nih… kita —- —–

captain, captain, captain…

(WARNING sign…. ticking….)

aduh kep, kep, kep….

ya, ya…

Allahuakbar……. Allahuakbar…….. Allahuakbar…….. Allahuakbar……..

DHI 574: Mayday…..

Voice on DHI 574 cockpit: argh…

Allahuakbar….

DHI 574: MAYDAY… MAYDAY…!!

Voice on DHI 574 cockpit: Allahuakbar….

allahuakbar….

(…sounds like windshield kracking…)

argh…

allahuakbar….

NB :
– DHI …. ICAO Code for Adam Air, such as GIA (Indonesia), MNA (Merpati), TGN (Trigana), LNI (Lion)
– Mike kilo sierra = MKS …. Alat bantu navigasi (VOR) di Ujung Pandang
– ATC …. Air Traffic Controller. Dalam percakapan ini adalah suara dari Ujung Pandang Approach (UPG APP).
– DME = Distance Measuring Equipment….. alat bantu penentu jarak ke station tertentu.
– DIOLA…. DR/Dead Reckoning point. Koordinat pada titik tertentu di bumi (used for navigation).
– FO = First Officer…. Copilot.
– FMS = Flight Management System…. Komputer di cockpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tsb.

Salam demi kebenarannya…!!

Entry filed under: I'm very hate my country. Tags: , , , , .

My New Header Image Nikmatilah Kopinya, Bukan Cangkirnya

1 Komentar Add your own

  • 1. dhenbagus  |  Agustus 5, 2008 pukul 11:25 am

    Rahasia kok di bocorkan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Add to Technorati Favorites

RSS Info terbaru Lowongan Kerja

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Chat me & See me at :

i_hate_mycountry@yahoo.com ihatemycountry@gmail.com Also_my_blog: ihatemycountry.com
Agustus 2008
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

RSS Si DaGu

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

My Blog Rank

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Directory of General Blogs Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Statistik Blog

  • 130,513 pukulan
online counter

Peta Pengunjung

Visitors

SEO Stat

Feeds

Members Of: